Wawasan Umum

Tips Memilih Mukena Anak Umur 10 Tahun Secara Tepat

Tips Memilih Mukena Anak Umur 10 Tahun Secara Tepat

Seperti halnya orang tua, memilih mukena anak umur 10 tahun, sebaiknya tidak sembarangan. Mengingat ini adalah salah satu alat anak untuk beribadah, sudah sepatutnya untuk memilih mukena yang tepat, agar anak semakin nyaman ketika beribadah kelak. Dalam memilih mukena untuk anak tidak ada salahnya jika melibatkan sang anak secara langsung, dan tidak lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Pilih bahan mukena yang nyaman

1. Pilih bahan mukena yang nyaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih mukena anak umur 10 tahun dan usia lainnya, adalah bahan. Pilih bahan yang lembut, ringan, dan terasa dingin di kulit. Seperti umumnya mukena untuk orang dewasa, bahan mukena anak umur 11 tahun juga beragam, mulai dari bahan yang paling umum digunakan, yaitu katun. Adapun jenis katun yang digunakan juga beragam, mulai dari katun Jepang, Katun Paris, Katun Rayon, dan yang lainnya. Seperti diketahui bersama, masing-masing bahan katun, mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk jenis bahan katun rayon, bahan yang satu ini tidak mudah kusut, dan dingin ketika digunakan. Lain lagi dengan bahan katun silk, selain ringan, teksturnya licin, membuat anak nyaman menggunakannya.

Selain bahan katun, ada juga jenis bahan lain yang juga sering digunakan, seperti Rayon, Spandex, Poplin, dan yang lainnya. Seperti katun, masing-masing bahan mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Misalnya bahan Poplin, bahan yang satu ini, tidak mudah kusut, sehingga anak Anda tidak perlu bolak balik repot menyetrika mukena.  Tapi jika anak Anda ingin mempunyai mukena yang mengkilap, dan pas digunakan pada hari spesial, seperti Hari Raya, maka bahan satin yang sebaiknya Anda pilih.

2. Cari ukuran yang pas

Cari ukuran yang pas

Dalam memilih mukena anak umur 12 tahun sudah tentu berbeda dengan memilih mukena anak 2 tahun. Perbedaan yang dimaksud disini adalah ukuran dari mukena itu sendiri. Pilih mukena yang pas panjang bawahannya, dan juga atasannya tidak terlalu besar, agar ketika digunakan, tidak terasa berat.

Umumnya pihak penjual, akan menjual mukena dalam berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran S, M, L dan bahkan XL. Ketika Anda membeli secara online, sebaiknya cek ukuran untuk bagian atasan dan bagian bawah dari mukena itu sendiri.

Namun ada juga penjual yang menjual mukena, berdasarkan usia anak itu sendiri. Misalnya saja ukuran S untuk anak usia 2 hingga 3 tahun. Ukuran M, untuk anak usia 4 hingga 6 tahun, dan yang lainnya. Biasanya ukuran dan usia anak tersebut, juga dicantumkan dalam kolom deskripsi oleh pihak penjual.

3. Pastikan karet di kepala dan pinggang fleksibel dan nyaman

Pastikan karet di kepala dan pinggang fleksibel dan nyaman

Pada mukena jenis two pieces, pastinya terdapat karet, pada bagian atasan dan bawahan. Pada bagian bawahan, Anda akan menemukannya di bagian pinggang. Sedangkan di bagian atasan, Anda akan menemukannya di bagian kepala, tepatnya di bagian tali pengikat kepala.

Sama halnya dengan mukena untuk orang tua, keberadaan karet pada mukena two pieces ini juga sangat mempengaruhi kenyamanan anak ketika beribadah. Karet pada bawahan yang terlalu besar, membuat mukena anak, mudah sekali melorot. Demikian pula pada karet pada atasan, yang membuat mukena atasan, mudah terlepas.

Untuk mengatasinya, sebaiknya pilih mukena dengan bahan karet yang fleksibel. Mudah digunakan, baik pada bagian kepala dan pinggang, tanpa harus membuat sang anak kesakitan, akibat karet yang terlalu kencang.

4. Pilih yang dilengkapi dengan tas

Pilih yang dilengkapi dengan tas

Agar lebih praktis, tidak ada salahnya apabila Anda memilih mukena anak yang dilengkapi dengan tas khusus. Sehingga berbagai macam perlengkapan sholat anak, dapat dimasukkan ke dalam tas tersebut, selain praktis, juga terlihat simpel.

Saat ini desain tas mukena yang ditawarkan terbilang beragam. Bahkan saat ini banyak dari pihak produsen yang memproduksi mukena secara 1 set, mulai dari mukena atasan dan bawahan, lalu dilengkapi dengan sajadah dan juga tas khusus. Masing-masing desain tas mukena berbeda-beda. Terutama untuk tas mukena anak 3 tahun berikut mukenanya, dibentuk secara menarik, yang umumnya dilengkapi dengan beberapa aksesoris khusus.

5. Pilih desain dan corak mukena yang menarik dan cocok

Pilih desain dan corak mukena yang menarik dan cocok

Selain ukuran, bahan, dan yang lainnya. Yang paling penting, dan umumnya hal tersebut diserahkan sepenuhnya pada anak adalah, desain, corak, serta warna dari mukena itu sendiri.

Pastinya masing-masing usia anak mempunyai desain, corak dan warna yang berbeda-beda. Untuk anak usia 2 hingga 6 tahun, umumnya lebih mementingkan aksesoris yang ada pada mukena itu sendiri. Lain halnya dengan anak usia 7 tahun ke atas, umumnya lebih mementingkan motif yang ditampilkan. Misalnya saja mukena katun rayon motif bunga, animasi dan yang lainnya.

6. Pilih mukena yang praktis

Dalam memilih mukena, misalnya saja mukena anak sd kelas 5, sebaiknya pilih yang praktis. Praktis disini memang cukup beragam, mulai dari praktis untuk dikenakan, dan tidak ribet. Umumnya bagian atasan, yang sering sekali mempunyai aksesoris atau hiasan yang terbilang ribet ketika dikenakan.

Lalu praktis berikutnya adalah praktis ketika dibawa, dan dilipat. Umumnya anak-anak yang sudah beranjak remaja, seperti usia 6 tahun ke atas, lebih suka untuk pergi ke masjid sendiri. Pada usia tersebut, anak lebih suka membawa mukena yang mudah untuk dilipat, tidak berat, dan dilengkapi dengan tas khusus mukena. Akan lebih baik, jika ukuran tas tersebut tidak terlalu besar, sehingga terlihat simpel ketika dibawa.

Ini yang sedikit banyak membuat anak nyaman ketika menggunakan, dan praktis ketika membawa mukena tersebut.

7. Pilih berdasarkan brand  

Pilih berdasarkan brand

 

Ingin membeli mukena yang tepat, dan berkualitas. Maka tidak ada salahnya jika Anda memilih mukena berdasarkan brand mukena itu sendiri. Saat ini produsen khusus mukena memang cukup banyak. Baik dari dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Masing-masing brand pastinya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Termasuk untuk kategori anak-anak. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih brand yang sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh anak Anda. Itu sebabnya, dalam memilih model dan brand, tidak ada salahnya jika selalu mengajak anak tersebut.

Misalnya saja brand Siti Khadijah, harga mukena siti khadijah ini sendiri memang terbilang cukup eksklusif, namun hal tersebut, sesuai dengan kualitas dari produk yang ditawarkan. Sama halnya ketika Anda memilih bahan Tatuis, Sanaya Kids, dan yang lainnya.

Ketika memilih mukena yang tepat untuk anak, sebaiknya beli di tempat yang tepat. Misalnya saja di toko resmi dari brand tersebut. Baik ketika Anda belanja secara offline, atau bahkan beli secara online.

Dengan mengunjungi toko resmi secara langsung, sedikit banyak Anda dapat bertanya juga secara langsung pada pihak pelayan atau customer service, tentang hal-hal yang berhubungan dengan produk mukena anak yang hendak dibeli. Terutama untuk mukena anak umur 10 tahun dimana pada usia tersebut, termasuk remaja tanggung, yang pemilihan produknya harus benar-benar tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *